Tentang Sepakbola, Sejarah, Aturan Main Dan Lainnya

Hubungan nasional dan politik memainkan peran utama dalam sorak-sorai massa untuk satu tim atau yang lain. Kita melihat bagaimana kompetisi kembali bergulir dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Misalnya pemain kedua tim yang masuk ke lapangan terpisah, serta dilarangnya salaman antar pemain. Hal terakhir ini juga berlaku dalam selebrasi gol, dimana pemain mengganti “tos” lima jari dengan “salam siku”.

Pemain lawan tidak diizinkan memasuki lingkaran ini selama kick-off tim pemilik. Panjang garis sentuh harus lebih besar dari panjang garis gawang. Rupanya tidak hanya pada pertandingan klub, bahkan untuk sebuah laga sekelas SEA games pun kericuhan adalah hal yang tidak terelakkan.

Ya, kita pasti ingat insiden saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Kamboja. Rupanya pada akhir pertandingan masing-masing pemain sama-sama terpancing emosi. Bahkan official dari tim Kamboja pun sampai ikut turun ke lapangan akibat terpancing amarah. Gol tercipta pada saat bola dimasukkan ke gawang lawan dan tidak ada pelanggaran.

Kemudian handball-nya bila banyak pemain lawan yang melihat bola terkena tangan. Dilanjut dengan permainan keras pertandingan pun tetap aman dan tidak ada yang merasa tersakiti, karena semua pemain tahu ini hanya untuk bersenang-senang. Pertandingan sepak bola juga dilaksanakan dengan waktu normal 5. 400 detik alias 90 menit yang dibagi dalam dua babak. Berarti tiap babak masing-masing memiliki waktu selama 45 menit. Di tengah-tengah garis tengah adalah titik tengah yang ditandai dikelilingi oleh lingkaran tengah berjajar dengan radius 10 yard.

Mereka mengejek Putin dan memuji Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic. Sepak bola adalah permainan patriotik dan politik, karena alasan para penggemar bersorak untuk tim, pertama dan terutama, adalah berdasarkan kebangsaan dan politik mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *